LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS PKN
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING
PADA “KONSEP DEMOKRASI” KELAS VIII SEMESTER 2 TAHUN 2007/2008 DI SMP NEGERI 1 xxx
ABSTRAK
xx 2007, peningkatan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning(CTL) pada “konsep demokrasi” kelas VIII semester 2 tahun 2007/2008 di SMP Negeri xxx.
Kata-kata kunci : Prestasi belajar, Pendidikan Kewargeanegaraan, Contextual Teaching Learnig.
Suasana PBM terkesan kurang bergairah, partisipasi dan minat belajar rendah, guru mendomominasi kegiatan, siswa belum terbiasa aktif, malas bertanya, malas berpikir mengkonstruksi pengalaman sendiri. Tidak ada keberanian mengungkapkan pendapat berdasarkan pikiran sendiri.
PTK yang kolaboratif ini bertujuan agar guru Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII SMP Negeri xxx, Kabupaten xxx. 1) Dapatt memiliki gambaran tentang pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang efektif. 2) Dapat mengidentifkasi masalah – masalah yang timbul dikelas. 3) Dapat menyusun pembelajaran Pendidikan Kcwarganegaraan dengon Model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). 4) Menyusun program peningkatan efektifitas pembelajaran: Pendidikan Kewargarnegaraan. 5) Melaksanakan program pernngkatan efektifitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Subyek pelaku pembelajaran, guru Pendidikan Kewarganegaracn, dan subjek penerima tindakan pembelajaran siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri xxx Tahun 2007/2008.
Data dikumpulkan melalui obeservasi,catatan lapangan dan review. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi penyidik. Data dianalisa secara deskriptif kualitatif model alur.
Hasil PTK ini, pertama kerja kolaboratif dapat mengembangkan guru Pendidikan Kewarganegaraan memahami pembelajaran secara efektif. Kedua, subjek pelaku tindakan kelas dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan model Pembelajaran Contextual Teaching Learning memperoleh pengalaman berharga dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran yang lebih inovatif seperti Contextual Teaching Learning. Bilamana situasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIIISMP Negeri xxx semakin kondusip dan efektif, maka prestasi belajarpun akan meningkat secara signifikan.
.................................dst. selengkapnya hub via sms : 081913127080
03:09 Permalink | Comments (4) | Email this | Tags: penelitian pendidikan
Comments
saya mau ptk pkn ini secara lengkap, tolong kirimkan. Thanks a lot
Posted by: elis lisnawati | 02/10/2009
saya mau ptk pkn ini secara lengkap, tolong kirimkan. Thanks a lot
Posted by: RAHMAT | 02/12/2009
tolong kirim ptk ini ke saya trim
Posted by: masyu |
Saya ingin PTK ini tolong kirimkan ke saya, trim.
Posted by: Sunaryo |
No comments:
Post a Comment